Tips & Trick

Cara Mudah Merawat Hamster Agar Tidak Bau

Hamster pada dasarnya bukanlah hewan yang mengeluarkan bau tidak sedap. Malahan, hamster termasuk hewan yang menjaga kebersihan diri (seperti kelinci dan kucing) untuk mencegah predator yang ingin memangsanya.

Mungkin kalian pemelihara hewan imut ini, atau sangat menyayangi hewan yang satu ini. Ya, hamster merupakan salah satu hewan kecil yang sangat imut menggemaskan, mempunyai kumis tipis yang menunjukkan keunikannya.

Hamster adalah jenis binatang pengerat, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara dan saat ini pun ada di Indonesia.

Kalian tentu sering menjumpainya, entah dijual atau menemui milik orang lain dilingkungan sekitar. Bentuknya yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana serta tidak membutuhkan kandang yang sangat besar untuk merawatnya.

Hamster sendiri juga termasuk ke dalam subfamili Cricetinae, yang mana subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus sekaligus.

Jika kalian perhatikan, hamster akan buang air kecil di titik terjauh dari tempat makan dan tidurnya agar tidak tercemar bau urin.

Bau tidak sedap biasanya berasal dari urin hamster yang tidak dibersihkan teratur. Sehingga cara merawat hamster agar tidak bau adalah dengan menjaga kebersihan kandangnya dari sisa urin dan makanan segar yang kalian berikan.

Namun, hamster dapat buang air besar di dalam persembunyiannya. Tetapi normalnya feses hamster tidak membuat bau tidak sedap karena bentuknya yang kering.

Berikut adalah beberapa cara merawat hamster agar tidak bau yang kalian bisa lakukan.

 

1.Bersihkan Kandang Teratur dan Ganti Alas Kandang

Bersihkan Kandang Teratur dan Ganti Alas Kandang

Cara merawat hamster agar tidak bau tentunya perlu menjaga kebersihan kandangnya. Bersihkan kandangnya setiap minggu agar hamster dapat hidup dengan nyaman.

Pindahkan hamster dari kandang dan tempat di tempat yang aman, misalnya bola hamster atau baskom yang cukup tinggi.

Kemudian bersihkan seluruh mainan, tempat tidur, dan ganti alas kandangnya. Lap akuarium dengan air hangat dengan campuran sedikit sabun lalu keringkan.

Sudut tempat hamster buang air kecil mungkin akan terlihat noda kerak putih akibat sifat asam urin. Bersihkan dengan bahan yang abrasif dapat membantu, misalnya sikat stainless, sabut, atau sikat. Jika tidak dibersihkan teratur, noda ini dapat menjadi permanen dan sangat sulit dibersihkan.

Serutan kayu umumnya digunakan sebagai alas kandang hamster. Ini adalah salah satu cara merawat hamster agar tidak mati karena menyerupai habitat aslinya.

Serutan kayu yang digunakan biasanya kayu yang tidak beraroma karena hidung hamster yang sangat sensitif. Kayu yang beraroma dapat mengiritasi sistem pernapasan hamster jika digunakan.

Selain dari serutan kayu, alas kandang juga bisa menggunakan sobekan kertas atau tisu sebagai alternatif yang ekonomis dan mudah dibersihkan.

Bersihkan seluruh kandang dan ganti alas kandang dengan yang baru setidaknya seminggu sekali. Jika tercium bau urin dari kandangnya, kalian dapat mencari sudut yang dikencingi oleh hamster dan menggantinya dengan yang baru setiap saat.

Karena hamster dapat buang air besar di dalam persembunyiannya, kalian dapat mengganti alas kandang di area tersebut lebih sering, atau 2-3 hari sekali.

 

2.Periksa Tempat Persembunyian

Periksa Tempat Persembunyian

Cara merawat hamster agar tidak bau salah satunya dengan memeriksa tempat sembunyinya cukup sering.

Jika kalian suka memberikan hamster sayuran dan makanan selain pelet, makanan-makanan ini dapat menjadi sumber bau jika tidak dihabiskan.

Selalu perhatikan porsi makanan yang diberikan untuk hamster. Awasi hamster ketika diberikan makanan yang cepat busuk, termasuk keju, tahu, telur rebus, dan sayuran lainnya.

Makanan yang terlalu besar dan tidak dapat langsung dihabiskan hamster akan disimpan hamster ke dalam rumahnya, sehingga dapat menjadi sumber bau tidak sedap jika busuk. Karena itu, berikan porsi yang sangat kecil untuk si hamster.

 

Nah, itulah beberapa tips meraat hamster agar hamster kalian tidak bau. Hamster adalah hewan kecil yang lucu dan relatif mudah dirawat bersama Si Kecil.

Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari tahu cara merawat hamster.

Anda mungkin juga suka...