Tips & Trick

Tips Merawat Ikan Louhan Agar Sehat Terus!

Louhan merupakan salah satu jenis ikan yang seringkali dipelihara sebagai hobi. Ciri khas ikan Louhan adalah adanya benjolan di kepalanya.

Selain itu, louhan juga memiliki corak sisik yang cerah serta indah. Konon katanya, memelihara ikan dengan dahi jenong ini dapat membawa kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberuntungan.

Mitos itu juga yang membuat harga seekor louhan cukup fantastis, bisa mencapai jutaan rupiah. Mahalnya harga louhan membuat pemiliknya merawatnya dengan baik.

Nah, untuk kalian yang sedang atau ingin memelihara ikan louhan, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips merawat ikan louhan yang benar.

 

1.Kenali Jenis dan Ukuran Akuarium

Kenali Jenis dan Ukuran Akuarium

Sebelum memulai merawat louhan, pelajari terlebih dahulu tentang jenis ikan satu ini. Louhan memiliki empat jenis yaitu Golden Monkey, Zhen Zhu, Golden Base, dan Kamfa.

Naga merah merupakan jenis louhan yang paling terkenal dan sering dijadikan hewan peliharaan. Kenali perilaku dan tempramen ikan satu ini agar tidak terjadi masalah.

Setelah mengenali jenis louhan, jangan lupa untuk perhatikan ukuran akuarium. Sebelum mulai membeli ikan, tentunya kamu harus membeli akuarium terlebih dahulu sebagai tempat tinggal ikan.

Ukuran akuarium yang tepat untuk ikan yang satu ini adalah panjang mencapai 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm atau lebih. Beri juga penyaring atau filter pada air agar dapat menjaga akuarium tetap bersih.

Berikan penerangan seperti lampu jenis TFC pada akuarium, nyalakan lampu ini selama 10 jam agar dapat menghangatkan suhu air.

Akuarium yang tepat mendukung ikan tumbuh dalam kondisi prima dan ideal. Semakin tinggi akuarium, kian bagus untuk louhan agar memudahkan berenang dengan bebas dan jauh dari kondisi stres.

Agar louhan terhindar dari stres, perhatikan kualitas dan suhu air. Standar suhu air pada akuarium yang tepat harus berukuran 28 – 30 derajat celcius.

Usahakan untuk mengganti air akuarium setiap dua minggu sekali agar air selalu bersih. Jangan terlalu sering mengganti air pada akuarium karena hal ini dapat membuat ikan menjadi stress dan warnanya menjadi berubah.

Untuk mengetahui apakah air yang digunakan berkualitas baik atau buruk, diperlukan alat pengukur pH. Louhan membutuhkan tingkat pH sedang. Jika tidak sesuai, bisa mengakibatkan warna tidak cemerlang.

Alat ini akan mengukur kandungan Hidroksida (OH) dan Hidrogen (H+) pada air. Skala pH yang cocok untuk ikan adalah antara pH7 hingga pH8.

 

2.Pakan Yang Tepat dan Pembiakkan Ikan

 

Agar ikan dapat tumbuh dengan baik, kamu harus memberi ikan pakan yang berkualitas. Kamu dapat memberikan pakan alami dan buatan pada louhan.

Pakan alami yang dapat kamu berikan diantaranya adalah udang, anakan lele, anak ikan emas, ikan-ikan kecil, cacing sutra, cacing darah, dan jangkrik.

Pemberiannya harus dilakukan rutin, dua kali seminggu. Memberi pakan juga dapat meningkatkan warna sisik louhan. Beri juga ikan pakan buatan agar nutrisi yang dibutuhkannya terpenuhi.

Agar nutrisi ikan terpenuhi, kamu harus memberikan jumlah pakan yang tepat. Untuk mencegah kelebihan dan kekurangan pakan, kamu dapat memberi makan ikan sedikit demi sedikit. Perhatikan gerakan louhan, apabila mulai melambat berarti louhan sudah kekenyangan.

Apabila ikan louhan Anda berpasangan, usahakan untuk memindahkan betina ke akuarium lain setelah kawin. Akuarium itu harus memiliki filtrasi yang tepat. Perhatikan telur jangan sampai ikut terhisap dalam penyaringan.

Jika Anda melihat satu louhan sakit, pisahkan segera dari ikan lainnya untuk melindunginya agar tidak terkena penyakit. Berikan perawatan yang efektif untuk memastikan kesehatan.

 

3.Letakkan Dekorasi dan Berikan Interaksi

Letakkan berbagai jenis dekorasi pada akuarium rumahmu. Kamu dapat menyimpan pasir, batu koral, dan tanaman air di akuarium agar suasana akuarium terlihat seperti habitat asli ikan. Hal ini membuat ikan menjadi lebih nyaman.

Cara berinteraksi dengan ikan sangatlah mudah. Kamu dapat memasukkan tangan secara perlahan ke dalam akuarium atau menempelkan cermin pada akuarium. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan benjolan pada kepala ikan.

Pastikan lingkungan tempat tinggal louhan tidak berisik atau bising. Tempatkan akuarium di ruangan yang sepi, seperti di ruang tamu. Suasana yang tenang dapat membuat ikan jadi tidak penakut dan tidak mudah terkejut.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memelihara ikan louhan. Semoga bermanfaat.

 

Anda mungkin juga suka...