Tips & Trick

Tips Melatih Anjing Anda Agar Pintar

Saat membawa anak anjing baru (atau anjing dewasa ke rumah), hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengajarkannya untuk buang air di luar rumah, dan bukan di dalam rumah. Anjing (pada usia berapa pun) dapat dilatih dengan arahan yang tepat.

Hingga terlatih, ada beberapa aturan yang perlu diikuti untuk mempermudah proses latihan. Batasi area yang boleh didatangi anjing agar Anda bisa memperhatikan tanda-tanda yang ia tunjukkan saat ingin buang air, serta segera membawanya ke luar rumah.

Tetapkan jadwal untuk membawanya ke luar rumah. Anda perlu membawanya ke luar rumah di pagi hari, setelah jam makan, kapan pun Anda tiba di rumah setelah bepergian, dan sebelum tidur.

Anak anjing lebih sering buang air saat usianya masih mudah dan bisa menahan urinenya selama satu jam. Setiap usianya bertambah satu bulan, ketahanannya untuk menahan urine pun bertambah satu jam.

Pasang kalung dan rantai pada anjing Anda, bahkan saat ia berada di dalam rumah agar Anda bisa mengamatinya lebih saksama hingga ia terlatih.

Saat membawanya ke luar rumah, pastikan ia pun tetap mengenakan kalung dan rantainya agar Anda bisa mengajarkannya untuk pergi ke tempat tertentu dan memastikan ia memang pergi ke sana untuk buang air.

Anda bisa menggunakan perintah seperti “Ayo!” saat mengajarkannya untuk pergi ke tempat tertentu. Jika ia mulai masuk ke dalam rumah, Anda bisa mengatakan “Jangan”, membawanya ke luar rumah, dan memerintahkannya untuk “Pergi” ke tempat yang sudah diajarkan. Selalu berikan pujian jika ia berhasil pergi ke tempat yang sudah ditetapkan.

Jika ia buang air di dalam rumah, pastikan Anda membersihkan area yang terkena kotoran atau urinenya secara menyeluruh agar ia tidak sampai pergi ke tempat yang sama untuk buang air.

Jangan pernah memukul atau memarahi anjing Anda saat ia buang air di dalam rumah. Ia hanya akan merasa takut kepada Anda.

Lalu, bagaimana cara melatih anjing dengan tepat?

 

1.Latih Anjing Masuk Dan Diam Di Kandangnya Serta Ajarkan Anjing Untuk Bermain Dengan Hati-Hati

Latih Anjing Masuk Dan Diam Di Kandangnya Serta Ajarkan Anjing Untuk Bermain Dengan Hati-Hati

Dengan demikian, ia bisa merasa nyaman dan tenang saat Anda tidak berada di rumah. Selain itu, kandang juga dapat menjadi tempat alternatif untuk mencegah insiden buang air di tempat yang tidak seharusnya.

Untuk metode ini, buatlah kandangnya terasa mengasyikkan dengan memasukkan camilan atau mainan. Biarkan ia berada di dalam kandang selama kurang dari empat jam untuk setiap sesi latihan (atau lebih singkat lagi untuk anak anjing yang masih sangat kecil).

Saat mengeluarkannya dari kandang, segera bawa ia ke luar ruangan dan tempatkan di area baung airnya. Jangan lupa memberinya pujian saat ia berhasil pergi ke tempat buang air yang sudah Anda tetapkan.

Secara umum, anjing memiliki kepribadian yang baik dan bisa bermain dengan anak-anak. Namun, terkadang anjing senang menggigit dan mencakar terlalu keras saat bermain sehingga penting bagi Anda untuk mengajarkannya bermain dengan aman.

Berikan hadiah jika ia berhasil bermain dengan hati-hati, dan abaikan ia saat mulai menggigit. Pada akhirnya, ia akan belajar bahwa waktu bermain terasa lebih menyenangkan ketika ia bisa bersikap lebih hati-hati.

 

2.Ajarkan Untuk Tidak Menggonggong Terlalu Sering

Ajarkan Untuk Tidak Menggonggong Terlalu Sering

Menggonggong merupakan aktivitas yang normal untuk anjing dan merupakan salah satu bentuk komunikasinya.

Namun, kebiasaan menggonggong yang terlalu sering justru menyebalkan dan menjadi sesuatu yang ingin diubah oleh banyak pemilik anjing.

Ada beragam jenis gonggongan anjing dan sebagian membutuhkan tindakan spesifik agar dapat dihentikan. Proses latihan ini perlu diikuti secara perlahan dan bertahap, serta membutuhkan banyak kesabaran.

Ada beberapa petunjuk umum untuk mengajarkan anjing agar tidak selalu menyalaki hal-hal kecil. Sebagai langkah pertama, Anda bisa mengenali faktor-faktor yang membuatnya menggonggong, kemudian menghilangkan pemicu tersebut.

Jika ia tidak berhenti menggonggong, tempatkan ia di ruang yang tenang atau di dalam kandangnya tanpa stimulasi apa pun, dan biarkan ia merasa tenang. Berikan ia hadiah setelah ia berhasil berhenti menggonggong.

Naluri alami mungkin mendorong Anda untuk memarahinya saat ia mulai menggonggong, tetapi reaksi seperti itu membuatnya berpikir bahwa Anda sedang “menggonggong” bersamanya.

Jika anjing Anda sering menggonggong secara kompulsif, coba perpanjang waktu olahraga dan bermainnya.

Abaikan anjing Anda jika ia menggonggong untuk mencari perhatian dan jangan berikan hadiah hingga ia berhenti menyalak.

Masalah ini sulit diperbaiki dan mungkin membutuhkan bantuan pakar perilaku atau pelatih berpengalaman. Kalung kejut khusus hanya boleh digunakan setelah Anda berkonsultasi dengan pakar terlatih.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk melatih anjing kalian. Semoga bermnafaat.

Anda mungkin juga suka...