Tips & Trick

Tips Memelihara Ikan Arwana Untuk Yang Masih Baru

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat disukai oleh banyak orang. Walaupun harga dari ikan arwana sendiri terbilang mahal, tetapi tak sedikit orang yang masih senang meihatnya. Bentuknya juga sangat elegan dan kesannya sepertinya ikan ini sombong kalau dilihat. Namun, inilah yang membuat ikan ini jadi primadona dan banyak yang mau memeliharanya. Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari keindahan ikan arwana adalah sisiknya yang besar serta mengkilat dan membuat ikan arwana jadi terlihat mewah. Ada banyak orang yang mau memulai game slot online sekaligus memelihara ikan ini tetapi gagal sebelum ikan mulai dewasa dan tak sempat menampilkan keindahannya. Nah, kalau kalian gak mau seperti itu, yuk ikuti tips memelihara ikan arwana berikut ini.

 

1.Anakan

Anakan

Pilihlah anakan ikan arwana yang lincah, sehat, serta punya ukuran yang cukup besar, biasanya yang umum dijual di pasaran memiliki ukuran 10 sampai dengan 12 cm. selain itu, sebelum membeli ikan arwana kalian bisa mencoba memberi makan ikan tersebut lebih dulu. Ikan arwana yang sehat akan dengan gesit mengejar serta melahap makanan yang kita beri. Ada beberapa pilihan jenis ikan arwana mulai dari yang harganya murah sampai dengan mahal sekaligus, ikan arwana yang paling bagus adalah jenis Super Red atau Golden Red. Tapi, kalau masih baru kalian bisa pilih yang lebih murah dengan jenis green arwana atau silver.

 

2.Akuarium

Akuarium

Untuk kalian yang mau memelihara arwana dari anakan sampai dewasa, maka siapkan dulu akuarium yang sesuai dengan ukuran ikan arwana dewasa. Ukuran ikan arwana dewasa senidir bisa mencapai 1 meter. Jadi, sebaiknya akuarium yang akan kalian jadikan sebagai tempat tinggal mereka memiliki ukuran minimal panjang 1,5 meter dengan lebar 75 cm dan tinggi 60 cm. kalau akuariumnya kecil, maka saat arwana mulai dewasa kalian harus memindahkannya ke akuarium lain yang lebih besar.

 

3.Hiasan

Hiasan

Sebaiknya akuarium dibiarkan saja tanpa berbagai hiasan di dalamnya. Hal ini dilakukan supaya ikan bisa lebih leluasa. Kalian hanya perlu melengkapi akuarium dengan pompa maupun aerair dan juga saringan untuk sirkulasi air serta untuk pemberian oksigen.

 

4.Memasukkan Ikan ke Akuarium

Memasukkan Ikan ke Akuarium

Setelah membeli ikan, hal yang harus kalian perhatikan adalah bagaimana cara memasukkan ikan tersebut ke dalam akuarium kalian di rumah. Ikan yang kalian beli biasanya akan dibungkus dalam kantong plastic berisi air. Air di dalamnya adalah habitat ikan sebelumnya, jadi jangan dibuang. Kenalkan dulu mereka dengan habitat yang baru yaitu rumah kalian.

 

5.Air

Air

Isi lah aquarium ikan tersebut dengan air yang jernih, bersih, serta baiknya diendapkan terlebih dlu setidaknya sehari sebelumnya.

 

Itulah berbagai tips untuk kalian yang mau memelihara arwana. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...