Tips & Trick

Tips Merawat Anjing Untuk Kalian Yang Masih Pemula

Selain dikenal setia, anjing juga merupakan peliharaan sekaligus penjaga rumah yang baik. Bahkan, banyak pula yang percaya jika anjing bisa meredakan stress serta mengurangi rasa kesepian.

Mempunyai anjing sebagai hewan peliharaan juga bahkan bisa dijadikan sebagai kebanggan karena selain lucu, hewan ini juga cerdas.

Jenisnya pun bermacam-macam. Bentuk tubuhnya bervariasi dari yang terkecil seukuran tas jinjing sampai dengan terbesar, seukuran manusia! Selain itu ada anjing yang berbulu tebal dan ada juga yang berbulu tipis.

Tapi sebagai pecinta anjing yang belum pernah memelihara hewan ini sebelumnya mungkin bingung tentang bagaimana cara merawat anjing yang baik dan benar.

Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat hewan peliharaan kesayanganmu ini dengan baik dan benar.

 

1.Makanan Pantangan Anjing Dan Makanan Bernutrisi Tinggi

Makanan Pantangan Anjing Dan Makanan Bernutrisi Tinggi

Untuk merawat anjing peliharaan, kamu perlu tau makanan pantangan anjing seperti makanan yang asin, cokelat dan telur.

Jangan sampai kamu memberikan anjing peliharaanmu makanan-makanan itu karena hal itu akan berpengaruh terhadap bulunya. Kalau kamu ingin memberikan daging atau sumber protein hewani lainnya, berikanlah tanpa tambahan bumbu.

Lebih baik lagi kalau kamu memberikan anjing peliharaanmu lebih banyak makanan nabati kaya serat seperti sayuran rebus wortel dan ubi dan makanan anjing berbasis nabati (vegetarian).

Karena selain membantu menyehatkan pencernaan, makanan anjing berbasis nabati juga sehat untuk kulit dan bulu mereka. Untuk menjaga anjingmu tetap sehat dan aktif, berikanlah makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Tumbuh kembang anjingmu nggak akan maksimal kalau kamu nggak memberikannya nutrisi yang lengkap. Nutrisi yang diperlukan oleh anjing adalah protein, lemak, vitamin, dan juga mineral dengan jumlah yang tepat.

Khusus untuk anak anjing, kamu perlu memberikannya konsentrat supaya dia bisa menerima semua gizi tanpa harus memberatkan sistem pencernaannya.

Kalau kamu nggak punya waktu untuk melakukan food combining, kamu nggak perlu bingung karena udah banyak makanan anjing dalam kemasan atau makanan anjing instan dengan nutrisi yang udah lengkap dan sesuai dengan kebutuhan anjingmu yang bisa kamu beli di pet store terdekat ataupun toko binatang peliharaan online.

 

 

2.Mandikan Sebulan Minimal Dua Kali Dan Latihlah Anjingmu

Mandikan Sebulan Minimal Dua Kali Dan Latihlah Anjingmu

Perawatan yang baik untuk dilakukan lainnya adalah mandikan anjingmu sebulan minimal dua kali. Untuk memandikan anjing peliharaanmu, kamu bisa menggunakan shampo anjing yang banyak dijual di supermarket atau di pet shop.

Tapi jangan gunakan sembarang shampo ya, karena sembarang shampo nggak bagus buat kulit dan bulu mereka. Mandikanlah anjingmu dengan air hangat. Setelah dimandikan, keringkanlah anjingmu menggunakan hairdryer dan handuk.

Anjing biasanya senang berlarian setelah dimandikan. Oleh karena itu, coba batasi waktu untuk memandikannya agar anjing Anda bisa berlarian di luar ruangan setelahnya.

Sama seperti anak manusia, anjing pun nggak terlahir dalam keadaan terlatih dan disiplin.  Kalau kamu rutin melakukan kegiatan melatih dan mendisiplinkan anjing peliharaanmu, ia akan mulai melihat kamu bukan hanya sebagai pelatih tapi juga sebagai sahabat terdekatnya.

Kegiatan melatih hewan peliharaan juga menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk melakukan bonding / memperdekat koneksi dengan anjingmu.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih anjingmu adalah membuang kotoran di litter box yang isinya pasir khusus menampung kotoran hewan, buang air kecil di luar rumah, bermain tangkap bola dan lain sebagainya.

Sisir dan rapikan bulunya. Berbeda spesies anjing, berbeda pula strategi perawatan bulunya. Secara umum, bulu anjing perlu disisir seminggu sekali agar bulu yang kusut atau rontok dapat terangkat.

Spesies anjing dengan bulu yang panjang mungkin membutuhkan penyisiran atau perawatan bulu yang lebih sering (dan mungkin pemotongan berkala) untuk mencegah bulu kusut.

Beberapa spesies anjing mudah merasa gerah di cuaca/musim panas dan akan merasa lebih nyaman saat bulunya dicukur ketika suhu udara mulai meningkat. Cari tahu perawatan yang paling cocok berdasarkan kondisi bulu dan kuku anjing Anda.

Periksa apakah terdapat kutu saat Anda menyisir bulunya, dan angkat kutu tersebut menggunakan sisir kutut. Anda juga mungkin perlu memberikan obat antikutu dari dokter hewan.

 

Nah, itulah beberapa tips memelihara anjing yang bisa kalian coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...